Senin, 03 Juli 2023

KOMPUTER DAN PENDIDIKAN 


        Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah digunakan didunia pendidikan 

Indonesia sejak lama. Berbagai institusi pendidikan saling bersaing untuk 

memanfaatkan teknologi seperti membangun jaringan internet, sistem 

pembelajaran online (e-learning), infrastructure penggunaan hardware, pengadaan 

software, dsb.

Pendidikan yang pada awalnya bertatap muka antara siswa dengan guru 

tentunya kemungkinan besar di masa yang akan datang akan beralih menjadi 

bertatap layar yang kita sering sebut E-learning. Dampak E-learning terhadap 

metode pendidikan masa yang akan datang yaitu pendidikan bersifat lebih luwes 

(fleksibel), lebih terbuka. Materi-materi pembelajaran yang ada bisa di akses oleh 

siapa saja. Jaringan informasi sangat menentukan arah dan bentuk pendidikan 

masa mendatang. Pendidikan yang memungkinkan adanya interaksi, kolaborasi 

serta tidak berorientasi pada gedung sekolah.


1. Perubahan Pola Pendidikan

    Memasuki abad ke-21 perubahan pada dunia pendidikan cenderung 

    terjadi, hal ini disebabkan oleh munculnya inovasi dunia pendidikan yang terus 

    berkembang. 


B. Uno pada tahun 2010 berkata bahwa pendidikan terutama di 

    Indonesia akan mengarah kepada hal berikut :

a. Mulai dikembangkannya pendidikan secara terbuka, seperti saat ini 

    berlakunya kampus merdeka dalam menjalankan proses belajar mengajar. 

b. Sharing resource dimana adanya kegiatan yang dilakukan bersama antara 

    lembaga pendidikan dengan sekelompok perpustakaan yang tergabung 

    dalam sebuah jaringan yang memiliki tujuan mengurangi biaya 

    pengembangan koleksi dan meningkatkan layanan.

c. Penerapan teknologi multimedia terbaru untuk menggantikan teknologi 

    lamanya, seperti televisi atau radio.

    Perkembangan teknologi dan informasi mempunyai pengaruh besar 

    terhadap dunia pendidikan. Perubahan pada metode pendidikan yang 

    disebabkan oleh perkembangan teknologi dan informasi misalnya metode 

    kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Selain kegiatan belajar mengajar jarak 

    jauh, mahasiswa dapat mengecek nilai, biaya kuliah, jadwal kuliah, ataupun 

    tugas. Kemudahan dalam dunia pendidikan yang disajikan oleh perkembangan 

    TIK ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan siswa 

    maupun mahasiswa.

        Pemanfaatan teknologi pembelajaran jarak jauh disebut sebagai E￾learning. Metode belajar ini         merupakan proses belajar mengajar secara online. 

    Peserta didik dapat belajar mandiri berbasis kreativitasnya masing-masing yang 

    dilakukan melalui E-learning dimanapun dan kapapun mereka dapat 

    mengaksesnya asal terhubung dengan jaringan. E-learning diharapkan dapat 

    membuat siswa lebih mengeksplorasi kemampuan mereka dan ilmu 

    pengetahuan mereka.


2. Platform Pembelajaran Online

    Saat ini dengan adanya pandemic Covid-19, masyarakat tidak boleh 

melakukan perkumpulan dan belajar mengajar dilakukan semua secara daring 

atau online. Tentu saja hal ini sangat mengganggu kelancaran kegiatan proses 

belajar mengajar yang sedianya rutin diadakan 5 sampai 6 kali setiap minggu. 

Maka untuk menghindari hal tersebut, metode kegiatan belajar mengajar jarak 

jauh sangat memungkinkan untuk dilaksanakan. Kegiatan belajar mengajar 

jarak jauh ini menggunakan jaringan internet. Metode tersebut yaitu E-learning. 

Keuntungan dari E-learning misalnya sumber ilmu atau sumber pengetahuan 

dapat dari siapa saja yang mau membagikan ilmunya yang ada dari berbagai 

belahan dunia. Dalam proses belajar menggunakan metode e-learning, peserta 

didik dapat berinteraksi dengan pakar, baik itu melalui email, mailling list, news 

group, world wide web (www), serta memanfaatkan fasilitas seperti: e-book, e￾library.

Berberapa aplikasi atau platform yang menyediakan metode 

pembelajaran secara e-learning antara lain sebagai berikut :

a. Microsoft Office 365

    Dalam aplikasi ini menggunakan email dengan domain dari sekolah.

    Microsoft memberikan kemudahan untuk dapat mengakses secara realtime 

    aplikasi seperti MS.Word, Ms. Excel, Power Point, dan sebagainya. 

    Kelebihannya antara lain :

1) Fitur selalu up to date dan diperbaharui tanpa biaya tambahan.

2) Hasil kerja dapat disimpan pada cloud storage OneDrive 1TB.

3) Dapat menyimpan data kapan saja dan dari mana saja karena 

    mendapatkan bonus 1TB cloud storage.

4) Dapat fasilitas free call skype selama 60 menit setiap bulan.

5) Dapat diakses lebih dari 1 PC.

6) Dapat dukungan penuh dari office melalui chat, email dan telepon.

    Kekurangan aplikasi microsoft office 365 :

1) Harus berlangganan dan membayar biaya langganan sesuai ketentuan 

    pihak microsoft office 365.

2) Harus selalu terhubung dengan internet agar mendapatkan update fitur.


b. Aplikasi Ruang Guru

    Aplikasi Ruang guru sering beredar di komersial televisi, mereka 

    banyak menggencarkan program-program belajar secara online melalui 

    bimbingan online-nya. Layanan kelas virtual, video belajar berlangganan, 

    platform ujian online, marketplace les privat, serta materi-materi pendidikan 

    lainnya merupakan fitur aplikasi ini yang bisa diakses melalui web dan 

    aplikasi.


Kelebihan aplikasi Ruang Guru :

1) Penampilan menarik.

2) Materi belajar yang cukup lengkap.

3) Tampilan dan kualitas video yang bagus.

4) Pembelajaran tidak membosankan siswa karena siswa cukup menonton 

saja.

5) Tersedia rangkuman materi yang mudah dipahami.

6) Terdapat kuis dalam video yang dapat membantu penyerapan materi

oleh siswa.

7) Fitur latihan soal yang dapat membantu penyerapan materi oleh siswa.

8) Terdapat sosial media yang mendukung interaksi antar siswa.

9) Terdapat tutor online dan kelas belajar streaming.

10) Terdapat konseling gratis.

Kekurangan aplikasi Ruang Guru :

1) Volume bantuan suara terlalu tinggi.

2) Antarmuka masih tampak terlalu ramai.

3) Penyampaian video terlalu childish untuk siswa SMA.

4) Terlalu banyak iklan promosi yang muncul.

c. Rumah Belajar

Adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar 

online, yang dibuat dan dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan dan 

Kebudayaan (Kemendikbud). Dengan memanfaatkan teknologi, siswa 

memiliki alternatif lain untuk tetap belajar karena aplikasi ini juga 

menyediakan berbagai sumber ilmu pengetahuan. Fitur yang ada pada 

aplikasi ini sama seperti kelengkapan sekolah dalam bentuk online. Aplikasi 

ini dapat digunakan secara gratis. Aplikasi rumah belajar bisa diakses di 

laman belajar.kemendikbud.go.id melalui mobile maupun PC.

Kelebihan aplikasi rumah belajar adalah :

1) Berbagai macam konten yang dibuat sangat menarik.

2) Bisa digunakan secara offline maupun online.

3) Dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang jelas.

4) Sangat interaktif.

5) Gratis.

6) Menampilkan nilai hasil kerja siswa sehingga siswa makin tertantang.

7) Terdapat penjelasan soal-soal yang dapat dipelajari siswa.

8) Terdapat percobaan untuk mata pelajaran matematika dan tidak hanya 

untuk mata pelajaran IPA.

9) Semua planet dapat diexplore pada wahana antariksa.

10) Diklat online menyenangkan.

11) Terdapat diklat di berbagai daerah yang diupdate.

12) Diklat untuk memperkaya keprofesional para pendidik.

13) Guru diberi kebebasan untuk mengkreasi kelas semenarik mungkin.

14) Penilaian tugas, kuis dan latihan yang menarik.

15) Aplikasi mudah dipahami.

Kekurangan aplikasi rumah belajar adalah :

1) Materi belum semuanya tersedia.

2) Terbatasnya pilihan buku yang dapat diunduh.

3) Sulit menuliskan soal pada bank soal.

4) Bank soal belum terlink ke kelas maya.

5) Masih terbatasnya jumlah percobaan pada fitur laboratorium.

6) Tidak semua budaya disajikan pada peta budaya.

7) Web sangat berat pada saat membuka fitur antariksa.

8) Tidak semua diklat bisa diikuti, khususya diklat yang berada di luar 

daerah.

9) Sulit menulis jawaban pada kelas maya yang melibatkan equation.

10) Kelas maya belum terlink ke bank soal.

d. Meja Kita

Aplikasi belajar online meja kita memiliki fasilitas ruang diskusi 

untuk interaksi antara siswa dan guru mereka. Materi pembelajaran yang 

disediakan oleh aplikasi meja kita yaitu materi jenjang pendidikan SD 

sampai SMA. Untuk mengakses materi pembelajaran di meja kita tidak 

dipungut biaya. Terdapat banyak catatan yang diupload oleh siswa lain 

sehingga memperbanyak materi pembelajaran. Siswa dapat belajar dari 

rumah dan sangat mendukung program pemerintah yang mewajibkan 

siswa belajar dari rumah pada saat pandemik untuk mengurangi 

penyebaran virus corona. Kegiatan diaolog, mengerjakan tugas serta 

sharing pengetahuan atau catatan masih bisa dilakukan apabila 

menggunakan aplikasi ini meskipun diharuskan untuk belajar dari rumah.

Kelebihan aplikasi meja kita adalah :

1) Siswa bisa bertukar catatan atau rumus dengan siswa lain yang berbeda 

sekolah maupun yang berbeda daerah.

2) Terdapat fitur diskusi antara siswa.

3) Mendapatkan penghasilan tambahan bagi siswa yang bisa menjawab 

pertanyaan siswa lain atau siswa yang membagikan catatannya ke 

aplikasi meja kita.

Kekurangan aplikasi meja kita adalah :

1) Penggunaan aplikasi meja kita mengarah ke bisnis atau bersifat 

komersial karena terdapat fitur yang bayar dan membayar.

2) Rentannya menyontek jawaban siswa lain dalam mengerjakan suatu 

soal.

e. Edmodo

Aplikasi ini mengutamakan privasi seorang siswa. Pada awalnya 

edmodo merupakan platform mikroblogging pribadi yang kemudian 

dikembangkan untuk kegiatan proses belajar mengajar siswa dan guru. 

Pertukaran catatan, dokumen dan tautan bisa dilakukan antara guru 

dengan siswa. Pada aplikasi ini juga seorang guru bisa memberikan tugas, 

peringatan serta acara kepada siswa dan guru lainnya. 

Kelebihan aplikasi edmodo :

1) Tampilan sederhana sehingga memudahkan pengguna.

2) Dapat membagikan file dengan format PDF, pptx, swf, html, dan 

sebagainya.

3) Hadir dalam bentuk aplikasi yang dapat dibuka pada smartphone.

Kekurangan aplikasi edmodo :

1) Tidak terintegrasi dengan berbagai jenis sosial media.

2) Hanya tersedia dalam bahasa inggris.

3) Tidak memilki fasilitas video conference.

f. Moodle

Moodle merupakan platform website untuk e-learning, dimana para 

siswa mendapatkan pembelajaran yang telah disediakan dalam kelas 

digital. Seorang guru bisa membuat materi pembelajaran, serta tugas 

kepada siswa.

Kelebihan aplikasi moodle :

1) Networking dan Security-nya yang dapat diatur sendiri.

2) Ruang akses dapat dibatasi dengan jaringan yang dibuat dan dapat 

memiliki hak akses masing-masing.

3) Sistem pembelajaran dapat disesuaikan oleh kebutuhan pengguna.

4) Fitur cukup lengkap dan baik untuk proses pembelajaran jarak jauh.

5) Proses customize yang mudah dan banyak.

6) Terdapat fitur lesson yang sangat fleksible sehingga mempermudah

guru dan dosen untuk mengajarkan sebuah materi.

Kekurangan aplikasi moodle :

1) Harus memiliki pemahaman tentang sistem pada moodle.

2) Perlunya tenaga ahli sebagai administrator untuk pemeliharaan aplikasi 

dan pembangunan sistem e-leaningnya.

3) Membutuhkan perangakat yang cukup mahal dalam penggunaannya.

g. SEVIMA EdLink

Aplikasi ini membantu mahasiswa dan dosen untuk berbagi materi 

kuliah, tugas serta file lainnya dengan mudah. Dosen bisa membuat forum 

diskusi, memberikan tugas kepada mahasiswa. Mahasiswa bisa 

memberikan pesan pribadi serta memberikan file kepada dosen maupun 

mahasiswa lainnya.

Kelebihan aplikasi SEVIMA EdLink :

1) Terdapat fitur reminder jadwal perkuliahan sehingga pengguna tidak 

ketinggalan materi.

2) Terdapat fitur diskusi kelas.

Kekurangan aplikasi SEVIMA EdLink :

Aplikasi sangat tergantung pada kecepatan internet.

h. Google Classroom

Pemberian dan penyelesaian tugas pada aplikasi ini bisa dilakukan 

melalui google drive. Pada aplikasi ini pemberitahuan disampaikan melalui 

gmail.

Kelebihan aplikasi gogle classroom :

1) Mudah digunakan oleh pemula sehingga proses belajar mengajar lebih 

efisien.

2) File tersimpan di dalam google drive sehingga tidak ada kekhawatiran 

file hilang.

Kekurangan aplikasi google classroom :

1) Tampilan kurang menarik.

2) Waktu pengiriman tugas dapat diatur, sehingga masih terdapat siswa 

yang sengaja mengatur waktu terlambat dalam pengumpulan tugas.

i. Kelas Kita

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan 

pengguna lain karena memiliki fitur sosial. Kelas kita bisa digunakan untuk 

membagi materi belajar formal, meningkatkan kemampuan serta keahlian 

dengan cara berbagi materi pembelajaran.

Kelebihan aplikasi kelas kita :

1) Siswa dapat memilih kelas sesuai minat sendiri.

2) Terdapat fitur sosial media sehingga siswa bisa berinteraksi.

3) Dapat digunakan oleh berbagai kalangan.

4) Aplikasi gratis.

5) Kelas dapat diatur menjadi kelas umum maupun kelas khusus.

6) Dapat penghasilan tambahan dari hasil kontribusi ikut membuat kelas 

gratis.

7) Dapat sertifikat digital. 

Kekurangan aplikasi kelas kita adalah :

Penggunaan aplikasi kelas kita bisa mengarah ke bisnis atau bersifat 

komersial karena terdapat fitur yang bayar dan membayar.

3. Dampak Metode Pembelajaran Online Terhadap Dunia Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, pemanfaatan teknologi juga berdampak positif 

maupun berdampak negatif bagi siswa :

a. Dampak positif.

1) E-learning bisa dijadikan metode pembelajaran informal.

Pada era perkembangan ilmu teknologi dan informasi saat ini, e￾learning sudah digunakan hampir lebih dari 75% dalam pembelajaran 

yang berbentuk informal. Hal ini mengubah pemikiran umum 

sebelumnya yang mana e-learning dianggap sebagai metode belajar 

formal semata, misalnya untuk belajar atau kursus tertentu. E-learning 

bisa dikategorikan ke dalam metode pembelajaran informal karena

banyak yang terlibat dalam metode belajar ini, mengalami masalah 

dalam beraktifitas sehari-hari sehingga menggunakan metode 

pembelajaran online adalah pilihan yang cocok.

2) Dapat mengakses ilmu dari banyak sumber.

Terdapat banyak sumber ilmu pada metode belajar E-learning, 

baik konten maupun manusia. E-learning yang merupakan sebuah 

aktivitas menggunakan media sosial yang menyediakan pengalaman 

serta pengetahuan baru melalui komunitas online sesama pengguna. 

Dengan menggunakan metode belajar e-learning maka banyak 

kesempatan semua orang untuk saling belajar. Dalam prosesnya, e￾learning akan menumbuhkan interaksi sesama pengguna.

3) E-learning mendukung pembelajaran kelompok

Metode belajar e-learning sangat mendukung belajar kelompok. 

Hal ini menyebabkan semua anggota dalam group e-learning bisa 

belajar bersama dimanapun berada. Pada saat belajar menggunakan e￾learning, semua anggota kelompok bisa mengikuti belajar kelompok dari 

tempat masing-masing dengan cara online.

4) Efisien dalam menggunakan waktu.

Metode belajar e-learning sangat efisien dalam penggunaan 

waktu. Pada metode belajar tatap muka, seorang guru akan 

menjelaskan terlebih dahulu materi kepada siswa dimana proses ini 

akan menyita cukup banyak waktu. Sedangkan dengan adanya proses 

e-learning mampu mempersingkat waktu tersebut hingga 70%.

5) Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan.

Biaya yang digunakan pada metode pembelajaran e-learning 

sangat murah dibandingan metode tatap muka. Metode pembelajaran e￾learning tidak membutuhkan biaya transportasi untuk menuju tempat 

belajar.

6) Kemudahan mengakses materi belajar.

Materi pembelajaran pada metode e-learning dapat diakses oleh 

seseorang kapan saja dan dimana saja saat membutuhkannya. Namun 

dengan persyaratan materi tersebut belum dihapus oleh guru. 

7) Menjangkau wilayah geogafis yang luas.

Jaringan internet yang luas sangat mendukung metode belajar 

e-learning yang digunakan. Sehingga suatu kelas dapat dikuti oleh 

siswa dari manapun berada tanpa dibatasi oleh jarak dan geografis 

tertentu.

8) Siswa lebih mandiri.

Pada proses pembelajaran menggunakan metode e-learning, 

para siswa tidak didampingi secara langsung oleh guru. Oleh sebab itu 

siswa akan dilatih dan harus mampu untuk bisa lebih mandiri dalam 

belajar. Pada prosesnya, siswa lebih berperan aktif dibandingkan 

dengan guru.

9) Siswa diberi kebebasan untuk berkreasi.

Siswa diberi kebebasan untuk berkreasi. Siswa bebas 

mengaplikasikan cara belajar masing-masing.

b. Dampak negatif

1) Kuranganya interaksi.

Metode belajar e-learning yang bersifat online dan dari jauh 

serta dari tempat masing-masing siswa menyebabkan berkurangnya 

interaksi sehingga hal ini bisa membuat siswa kesulitan untuk 

bersosialisasi dengan lingkungan luar.

2) Mengabaikan aspek sosial.

Pembelajaran dengan metode e-learning, membuat siswa lebih 

terdorong ke aspek komersial dan bisnis dibandingkan aspek sosial dan 

akademiknya. Hal ini terjadi karena pada prosesnya siswa hanya 

berpaku pada materi belajar tanpa melakukan interaksi dengan siswa 

lainnya.

3) Proses belajar cenderung kearah pelatihan dari pada pendidikan

Pada proses belajar dengan metode e-learning, siswa lebih 

terarah ke bentuk pelatihan dari pada pendidikan. Hal ini disebabkan 

siswa cenderung menerima materi latihan dan arahan-arahan 

dibandingkan dengan pendidikan biasa yang diterima langsung dari 

guru.

4) Penambahan tugas untuk pendidik.

Pendidik dituntut untuk belajar mulai dari dasar cara mendidik 

menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini sangat 

mengganggu kemajuan proses belajar mengajar dibandingkan dengan 

metode tatap muka sebelumnya. Pendidik harus benar-benar 

menguasai terlebih dahulu teknik mengajar metode e-learning, yang 

mana hal tersebut menyita waktu. Berbeda dengan metode tatap muka 

yang sebelumnya sudah dikuasai oleh pendidik. 

5) Cenderung gagal bagi siswa yang bermotivasi rendah.

Siswa cenderung gagal dalam metode belajar ini apabila tidak 

ada motivasi serta semangat dari diri siswa itu sendiri. Pada metode 

belajar e-learning proses belajar siswa akan berada di luar pengawasan 

pendidik. Hal ini akan berdapak buruk bagi siswa yang semangat dan 

motivasi rendah.

6) Tergantung pada jaringan internet.

Salah satu syarat utama agar proses belajar-mengajar metode 

e-learning bisa tercapai adalah harus adanya jaringan internet. Tanpa 

jaringan internet maka seorang siswa tidak akan bisa mengakses e￾learning. Hal ini yang menjadi penghalang bagi siswa yang berada di 

daerah yang tidak terjangkau internet.

7) Keterampilan menggunakan internet yang belum cukup

Peserta didik dan pedidik harus bisa menguasai dan memahami 

cara menggunakan internet dan teknologi pendukung agar dapat 

melakukan belajar mengajar menggunakan metode e-learning.

8) Kurangnya keterampilan komunikasi siswa.

Proses belajar e-learning yang terus menerus akan 

menyebabkan keterampilan komunikasi siswa berkurang. Siswa yang 

Pada proses belajar dengan metode e-learning, siswa lebih 

terarah ke bentuk pelatihan dari pada pendidikan. Hal ini disebabkan 

siswa cenderung menerima materi latihan dan arahan-arahan 

dibandingkan dengan pendidikan biasa yang diterima langsung dari 

guru.

4) Penambahan tugas untuk pendidik.

Pendidik dituntut untuk belajar mulai dari dasar cara mendidik 

menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini sangat 

mengganggu kemajuan proses belajar mengajar dibandingkan dengan 

metode tatap muka sebelumnya. Pendidik harus benar-benar 

menguasai terlebih dahulu teknik mengajar metode e-learning, yang 

mana hal tersebut menyita waktu. Berbeda dengan metode tatap muka 

yang sebelumnya sudah dikuasai oleh pendidik. 

5) Cenderung gagal bagi siswa yang bermotivasi rendah.

Siswa cenderung gagal dalam metode belajar ini apabila tidak 

ada motivasi serta semangat dari diri siswa itu sendiri. Pada metode 

belajar e-learning proses belajar siswa akan berada di luar pengawasan 

pendidik. Hal ini akan berdapak buruk bagi siswa yang semangat dan 

motivasi rendah.

6) Tergantung pada jaringan internet.

Salah satu syarat utama agar proses belajar-mengajar metode 

e-learning bisa tercapai adalah harus adanya jaringan internet. Tanpa 

jaringan internet maka seorang siswa tidak akan bisa mengakses e￾learning. Hal ini yang menjadi penghalang bagi siswa yang berada di 

daerah yang tidak terjangkau internet.

7) Keterampilan menggunakan internet yang belum cukup

Peserta didik dan pedidik harus bisa menguasai dan memahami 

cara menggunakan internet dan teknologi pendukung agar dapat 

melakukan belajar mengajar menggunakan metode e-learning.

8) Kurangnya keterampilan komunikasi siswa.

Proses belajar e-learning yang terus menerus akan 

menyebabkan keterampilan komunikasi siswa berkurang. Siswa yang 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TUGAS RANGKUMAN KOMPUTER DAN MASYARAKAT - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -